star wars seri tujuh; gemars & setujuh

By the way, kalau kamu gak peduli spoiler, sila simak A lalu B. Kalau kamu anti-spoiler, simak saja bagian A. Nanti kalau sudah nonton filmnya, baru simak bagian B.

Star Wars: The Forces Awaken. Semesta sepertinya menunggu banget film ini. Setidak-tidaknya, timeline social media saya hahaha. Karena takut spoiler dari teman-teman di lini masa saya, akhirnya saya menyempatkan nonton di hari pertama pemutaran Star Wars: The Forces Awaken di Indonesia yaitu tanggal 18 Des 2016. Sebagai penggemars, saya setujuh bahwa Star Wars seri tujuh termasuk kategori film leh’uga. Selanjutnya judul film kita singkat jadi SW7 aja ya.

Saya suka Star Wars (1977) The Empire Strikes Back (1980) dan Return of the Jedi (1983). Selanjutnya kita sebut saja SW4, SW5, SW6, atau sekalian SW456. Menjelang pergantian millennium, George Lucas memutuskan bikin prekuel kisah tersebut; The Phantom Menace (1999), Attack of the Clones (2002), Revenge of the Sith (2005). Selanjutnya kita sebut saja SW1, SW2, SW3, atau sekalian SW123. Seperti banyak penggemar SW456, ada banyak hal yang mengganggu dalam penceritaan SW123.

Hal-hal yang mengganggu adalah;

  1. Terlalu mengandalkan CGI– Computer Generated Imagery bikin gambaran suasana planet-planet kurang realistik.
  2. Adegan cinta Anakin-Amidala terlalu menye-menye.
  3. Darth Maul muncul terlalu sebentar, berantem dua kali lalu mati.
  4. Jar-Jar Binks jelek, gak perlu ada.
  5. Pasukan Droids tampak terlalu ringkih dan tolol.

Demikian tentang SW123. Kembali ke SW7. Di bawah ini adalah beberapa kesimpulan saya setelah menonton film ini dua kali. By the way, banyak juga handai taulan saya yang menonton lebih dari satu kali, mungkin termasuk Anda juga.

 

A. Kesimpulan. Kenapa Anda harus nonton ini film. Ini bukan spoiler.

  1. Grrrl Riot! Waktu berganti, era bersalin, zaman bertukar. Semangat Girl Power tampak jelas di SW7. Di SW456 Leia Organa jadi jagoan, setelah Luke dan Han. Di SW123, Amidala jadi lakon di belakang Anakin dan Obi Wan Kenobi. Nah di SW7, Rey lah lakon utamanya. Bukan cuman jagoan, penjahatpun sekarang ada perempuannya, yaitu si Captain Phasma.
  2. Gambarnya realistis. Terima kasih sang sutradara yang memilih untuk tidak mengumbar efek CGI. Favorit saya; Gambar sekumpulan tie fighter yang melaju di hadapan matahari terbenam, keren.
  3. Buat penonton Indonesia dan melayu, penting banget ini. Ada tiga orang Indonesia dari film The Raid ikut berperan di SW7. Muncul pulak di bukunya Star Wars. Ada pula action figurenya. Wah. Beliiiiii!
  4. Saya gak bisa bilang, SW7 lebih bagus atau lebih jelek dari SW123456. SW7 bagus, bisa dinikmati sebagai sebuah film independen, dalam artian bukan bagian dari sebuah cerita bersambung. Oke buat penggemar era SW456 dan SW123, dan sangat oke buat generasi baru. Tentu saja generasi yang siap membeli atau merayu dibelikan mainan dan segala macamnya. Saya ulang. Saya gak bisa bilang, SW7 lebih bagus atau lebih jelek dari SW123456. Saya suka Star Wars. Jadi episode berapapun akan saya tonton dan nikmati. Contoh lain. Kalau Anda gemar The Walking Dead atau Ganteng-ganteng Serigala, sudah tak penting lagi kan mana episode favorit Anda.
  5. Tokoh-tokoh utama di SW456 balik lagi. Carrie Fisher sebagai Leia dan Harrison Ford sebagai Han Solo kembali hadir, seperti terlihat di trailer. Info khusus tentang Fisher. untuk Star Wars (1977) dia memenangkan peran Leia setelah menyisihkan antara lain Farrah Fawcett, Glenn Close, Jessica Lange, Meryl Streep, Sigourney Weaver, Kim Basinger, dan lain-lainnya. Bayangkan betapa garingnya Leia kalau diperankan oleh Sigourney, atau Streep.Princess-Leia-behind-the-scenes-starwars17
  6. J. Abrams cukup sukses menceritakan SW7. Dia menggunakan efek CGI dalam porsi yang pas. Tidak berlebihan. Saya menikmati karya-karyanya sebelum ini. Serial Lost Season satu dan dua suka banget. Cloverfield suka banget. Star Trek yang tadinya banyak dialog jadi lebih banyak aksi. Mission Impossible, belom nonton. SW7 oke banget. Kabarnya dia nyesel gak teken kontrak untuk SW8 dan SW9.
  7. George Lucas sudah tak dominan di sini, hanya konsultan kreatif, karena hak serial Star Wars dah ia jual ke Disney pada tahun 2012. Lawrence Kasdan yang ikut menulis SW5 dan SW6 kembali ikut menulis di SW7. John Williams yang sukses dengan Imperial Marchnya juga ikutan garap, meskipun Emperor telah berganti First Order.

 

B. Kesan & pesan. Penuh Spoilers! 

  1. Untuk penonton SW456, cukup jelas bahwa Empire terinspirasi oleh Nazi. Stormtrooper = Sturmaßteilung. Seragam perwira Empire pun mirip seragam Nazi. Di SW7, First Order yang jadi bentuk selanjutnya dari First Order makin banyak mengambil symbol-simbol Nazi. Contohnya saat Jenderal Hux pidato di depan Stormtroopers. Latar belakangnya adalah tebaran kain merah dan lebar dengan logo First Order di tengah. Langsung mengingatkan dengan pidato Hitler di depan tentaranya kan? Nah, kalau Jedi. Maksudnya apa ya, Jihadis bukan yes
  2. Ada yang bisa menjelaskan, fakta ini? Dari enam film Star Wars, baru di film ketujuh ada stormtroopers berani membelot? Bingung ya, kemana aja kesadaran mereka selama ini.
  3. Tentang peran dan pemeran. Seperti SW456, kali ini yang jadi bintang utama SW7 adalah pemeran yang belum dikenal. Tentunya didukung oleh bintang-bintang SW456 yang sekarang sudah dikenal di seluruh jagad. Bagus untuk mengurangi asosiasi penonton kepada tokoh2 SW7 yang baru diperkenalkan. Bagus juga untuk budget film tentunya. Tadinya kecewa pas Kylo Ren buka topengnya. Tapi lalu saya sadar bahwa sekarang ini jaman googling. Makin susah bikin antagonis yang gak ketahuan wajah aslinya. Beda situasinya dengan Star Wars dan Darth Vader pada akhir tahun 70-an. Publik tak punya akses cukup untuk tahu fakta di balik layar. Ternyata Darth Vader diperankan oleh tiga orang kan; satu sebagai sosok fisiknya, satu sebagai wajahnya, satu lagi sebagai suaranya di balik masker nafas itu. Pemeran utama SW7 ini adalah Harrison Ford (Han Solo), Mark Hamill (Luke Skywalker), Carrie Fisher (Princess Leia), Daisy Ridley (Rey), John Boyega (FN-2187 / Finn), Adam Driver (Kylo Ren), dan Oscar Isaac (Poe Dameron).
  4. Tentang honorarium nih! Ford dibayar paling mahal loh, sekitar $25 jutaan menurut Variety. Sementara Hamill dan Fisher dibayar sekitar $ 2 jutaan. Ridley dan Boyega dibayar sekitar $300.000-an. Honor Driver dan Isaac dibawahnya lagi. Namanya juga manusia, mana bisa adil.
  5. Seperti yang sudah diinformasikan; Iko Uwais, Yayan Ruhiat dan Cecep Arif Rahman muncul di SW7. Adegan yang ada mereka ini sangat ditunggu-tunggu (oleh orang Indonesia). Yes, itu mereka. Keren juga! Eh, teryata cuman muncul kurang dari satu menit doangan. Yah udah lah ya. Gimmick marketingnya boleh juga. Yah bener dong kalau banyak yang bilang kalau mau nonton lebih banyak mereka ya nonton saja The Raid dan The Raid 2. Fakta! Katanya, dialog Yayan sebagai Tasu Leech adalah bahasa antah berantah. Saya sempet denger dia ngomong kata “Siji”
  6. Cameos! Selain trio The Raid yang kita sangat sayangi. Ada banyak cameo di SW7. Cameo yang gak kelihatan wajahnya antara lain; Daniel Craig (JB-007), Nigel Goodrich (FN-9330), Gwendoline Christie (Capt. Phasma), dan Simon Pegg (Unkar Plutt) Simak lengkapnya di Collider.
  7. saya pikir SW7 akan merajai studio bioskop Jakarta dalam periode yang cukup lama. Ternyata gak demikian. SW7 di Indonesia gak melulu mendominasi layar lebar karena harus kasih jalan buat Negeri Van Oranje dan Single. Di minggu kedua masih diputar di mana-mana sih, tapi sudah bukan pilihan utama lagi.
  8. Fakta bahwa ada hubungan darah antara tokoh antagonis vs protagonist di SW7 yang turut memperkuat bahwa Serial Star Wars adalah Space Soap Opera, bukan science fiction. Nah, ada yang mau argumen?

 

C.  Fakta-fakta tambahan menarik, sebagai penutup;

disney-star-wars-park-konzept-kevin-lynch
Star Wars Park
  1. Jangan lupa nabung buat jalan-jalan ke Amerika. Kalau Taman Star Wars di San Francisco sudah buka, sudah ada dananyafanboys_ver2_xlg
  2. Cari tahu juga tentang Fanboys (2008), film yang gak jelek tentang sekumpulan teman roadtrip demi masuk ke Skywalker Ranch milik George Lucas. Film ini penuh dengan cameo dari Star Wars, dan….. Star Trek.
  3. Simak review lain tentang SW7 dari Daeng Battala, Indah, Dani, dan Istiana Baca blog Akhlis, saya jadi tahu bahwa di Youtube ada Khotbah tentang Star Wars.

 

 

2 thoughts on “star wars seri tujuh; gemars & setujuh

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s