david bowie, rest in peace

David Bowie (8 Jan 1947-10 Jan 2016), wafat dua hari setelah ulang tahunnya yang ke-69. Dunia kehilangan tokoh musik besar. Bintang Glam yang populer dengan lirik-lirik tentang bintang-gemintang. Ia salah satu bintang di tataran depan dengan penampilan rias wajah serta busana aneh-aneh yang androgini. Singkat cerita, untuk mengenang beliau, berikut ini adalah jejak karya Bowie yang saya ingat terus;

  1. Blue Jean <1984>. Bagian awalnya keren saat dia muncul dengan tata rias seperti lukisan dua dimensi, tiba-tiba melotot. Joget-joget kecil ala pertengahan 80-an. Tidak ngerock dengan komposisi yang gak ribet. Seingat saya inilah lagu Bowie yang saya akrabi, makasih kepada America’s Top 10 edisi Blast from the Past, dipandu oleh Casey Kasem.
  2. Don’t Let Me Down and Down (Indonesian Ver; Jangan Susahkan Hatiku) <1993> Say what? Bowie nyanyi lagu Indonesia? Ketika pertama kali mendengar berita ini pun saya nggak percaya. Di album Black Tie White Noise, ada lagu berjudul Don’t Let Me Down And Down, dan di kaset yang beredar di Indonesia terdapat versi Indonesia dari lagu ini. Merinding juga pas mendengar lagu ini pertama kali, belepotan Indonya. Tapi ini The Thin White Duke himself. Untungnya saya punya kasetnya, tersimpan rapih di gudang. Membaca-baca di Internet, konon Bowie bisa nyanyi lagu berlirik Indonesia ini karena komunikasi dengan Setiawan Djodi. Ada yang bisa klarifikasi?
  3. Space Oddity <1969> tentunya, siapa tak kenal lagu ini. Sepi, sendiri. Multi-tafsir. Menurut Anda, apa cerita lagu ini?
  4. I’m Afraid of Americans <1997> Bergaya Industrial Rock, aliran terkini saat itu. Diproduseri oleh Brian Eno, diramu ulang oleh Trent Reznor dari Nine Inch Nails. Nah, Bowie + Eno + Reznor gak mungkin bisa salah.
  5. Bowie sebagai Raja Goblin di film Labyrinth (Jim Henson, 1986) Bowie beradu akting dengan Jennifer Connely remaja dan monster-monster karya Jim Henson. Film fantasia yang menarik, patut disimak.
  6. Bowie sebagai Warhol di film Basquiat (Julian Schnabel, 1997). Bowie sebagai Warhol, ini hal yang susah dinikmati sih. Karakter Bowie terlalu kuat dan susah lesap menjadi Warhol. Alih-alih menikmati Bowie sebagai Warhol, kita nikmati saja Bowie sebagai Bowie yang sedang berakting sebagai Warhol.
  7. Jangan lupa lagu-lagunya yang dibawakan oleh artis lain; Heroes oleh The Wallflowers, Space Oddity oleh Saigon Kick, dan The Man Who Sold The World oleh Nirvana.

52b59fdf-7611-4d07-adce-769333038e1d - Copy

Ini adalah foto teman saya @ajengapg dan putrinya Fey. Mereka saling mendandani ala Bowie Aladdin Sane. 

 

12493915_10153310768072405_1980101357944519228_o

Ini adalah foto kucing saya Simone de Bellechaton alias Cimong, kucing putih saya yang mata-beda, odd eye, heterochromia. Entah kenapa dia berkaca-kaca hari ini. Dia betina. Kalau jantan, tentu aja akan dikasih nama Bowie.

Ziggy Stardust aka Thin White Duke aka Starman, Selamat Jalan

#RIPDavidBowie

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s