jelajahi delhi (bag.3 dari 4): wisata kuliner lanjut asyik blusukan belanja.

3 makan di delhi

Mencari makanan yang relatif halal di Delhi sangat mudah. Pasalnya, kebanyakan penduduk India adalah vegetarian, tidak bebas mengkonsumsi alkohol dan babi. Pada umumnya restoran akan menawarkan menu Veg, Non-veg atau pilihan keduannya. Dalam restoran non-veg, kita bisa memilih menu ayam atau kambing. Sangat jarang restoran yang menawarkan masakan daging sapi, karena itu termasuk hewan suci bagi umat Hindu di India.

Nasi briyani, Chicken Tandoori, Thali, Samosa, Momo dan banyak lainnya sangat menggugah selera. Orang India makan tanpa sendok garpu, dan sering menyajikan roti dan chapatti ke piring tamu dengan tangan. “Delhi Belly”! Pencernaan wisatawan sering bergejolak saat lambung kaget menghadapi makanan India, walau lidah tidak bermasalah. Jadi, silahkan timbang sendiri. Tapi sayang juga ya kalau sudah jauh ke India tidak mencoba kuliner lokal yang asli. Untuk jaga kondisi perut, bisa variasi antara makan tradisional dengan fastfood seperti KFC dan Pizza Hut, tak lupa dengan sentuhan cita rasa India. Sangat tidak disarankan untuk wisatawan jajan makanan pinggir jalan.

Mungkin kalau tinggal lama di India dan adaptasi akhirnya bisa juga. Di fasilitas umum sering tersedia keran “drinking water”, tapi kita disarankan tidak konsumsi air tersebut. Jauh lebih baik membeli air minum dalam kemasan yang dibeli di toko yang layak. Buah yang dijajakan di Delhi sangat banyak yang sama dengan yang di jual di Jakarta. Jangan lupa mencicipi satu atau dua potong kue manis sebagai pencuci mulut.

Saatnya Belanja!!!!!

Ini dia bagian terpenting yang kita tunggu-tunggu. Sebaiknya kita ke Delhi dengan hanya membawa separuh isi tas saat berangkat. Pulangnya pasti bakal penuh deh dengan belanjaan sesuai kapasitas bagasi. Mungkin karena proteksi pemerintah untuk pedagang kecil dan menengah, tidak tampak banyak toko supermarket modern di tengah Delhi. Suasananya seperti Pasar Mayestik tahun 80-90an. Tips belanja utama adalah banding-banding harga sebelum membeli harus dilakukan sebagai panduan menawar harga. Kecuali jika toko tersebut memasang harga pas, tentunya. Sebisa mungkin juga berbelanja saat masih siang atau sore, agar barang/kain yang kita beli tampak lebih jelas di bawah sinar matahari. Ada banyak banget tempat belanja di Delhi, beberapa tempat ini yang kami kunjungi dan sempat berbelanja.

Connaught Place adalah pusat kota, tempat berbelanja yang ramai dengan anak muda Delhi saat malam maupu akhir pekan. di Connaught Place, pusat kota dimana gerai merk Internasional silih berganti dengan toko kain dan produk kulit lokal dan money changer. Bukan berupa mall, tapi berupa blok deret toko yang sangat luas.

Main Bazaar Paharganj sangat wajib dikunjungi. Lokasinya di depan persis Stasiun Kereta Besar New Delhi. Suvenir seperti kaos, sari, pernik dan kerajinan tangan tersebar di mana-mana. Harga secara umum relatif murah. Untuk barang yang murah meriah, di sinilah tempatnya.

Daerah Janpath dekat Connaught Place juga wajib dikunjungi. Di sini ada area dagangan ‘umum’, pakaian laki-laki dan wanita yang tidak khas India, sehingga jadi tempat favorit warga lokal. Di sini juga ada area dagangan pakaian dan souvenir, yang jadi tempat favorit turis. Di dekat Connaught dan Janpath ada juga Palika Market, yang terletak di bawah tanah. Tempat itu mesti dikunjungi untuk melihat suasananya, tapi sangat disarankan untuk tidak membeli apa-apa di sana karena barang-barang kualitas buruk bisa dibandrol harga mahal, memanfaatkan ketidak tahuan calon pembeli.

Pasar Dilli Haat juga sangat direkomendasikan untuk dikunjungi. Untuk sampai di lokasi ini, cari Metro tujuan INA market. Di pintu keluar metro, terletak INA market, pasar umum. Nah dari sekitar lokasi itu carilah jalan kearah Dilli Haat di seberang INA, sangat dekat. Dilli Haat direkomendasikan karena di situ berkumpul pedagang kerajinan dari seluruh wilayah India. Kurang lebih seperti Pasar Seni atau Inacraft. Kualitas barang juga baik, dari yang menengah sampai premium. Tawar-menawar wajib hukumnya.

Kalau waktu terbatas dan malas menawar, pergi ke Khadi Gramodyog Bhavan di Connaught Place bisa jadi pilihan. Tempatnya seperti versi kecil dari Sarinah segala ada, dengan harga pas. Jalan-jalan keluar negeri seperti wajib harus bawa oleh-oleh untuk sanak saudara. Yang bisa kita beli antara lain baju tradisional India. Teh, dengan variasi rasa dan harga. Rempah-rempah untuk masak kangen India di tanah air nanti. Gelang juga bisa, mudah dan murah, dan India banget.

(Tulisan ini dengan hasil suntingan yang berbeda telah terbit sebagai artikel di Majalah Annisa, edisi Mar-Apr 2015.)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s