lima belas film favorit

top 15

Saya kena cap dari @themagicaldee di Instagram, untuk berbagi tentang es. Nah, inilah daftar filmnya, dalam urutan kronologis. Kalau sudah baca semua, coba bagi film-film kesukaanmu..

Barbarella (Roger Vadim, 1968) – Adegan striptis intergalaktik pertama. Film ini enak ditonton. Ringan, sedikit-sedikit nyerempet sek ditambah dengan penggambaran imajinasi -masa depan dari tahun enam puluhan. fiksi ilmiah psikedelia. Grup band Duran-duran mengambil nama mereka dari salah satu tokoh di film ini.

Star Wars Ep IV – A New Hope (George Lucas, 1977) – Seri ‘pertama’ dari serial trilogi Star Wars pertama. Cerita rakyat global anak-anak yang tumbuh di paro akhir 70an dan awal 80an, dan seterusnya. Nuff said.

Pengkhianatan G30S/PKI (Arifin C. Noer, 1984) – Gimana kita bisa lupa, “Darah itu merah, Jenderal!” Film yang dibuat sangat rapih, secara cerita dan artistik di bawah pengawasan ketat Rezim Soeharto yang berkuasa saat itu. Setiap menjelang peringatan Pancasila sakti, para pelajar sekolah berbondong-bondong nonton film ini di bioskop terdekat. Kebenaran sejarah adalah milik rezim yang berkuasa pada saat bersangkutan. Simak tulisan saya, khusus tentang film ini.

True Romance (Tony Scott, 1992) – Film cinta yang penuh  letusan senjata. Penuh dengan kameo. Salah satu karya awal Quentin Tarantino sebagai penulis naskah. Spoiler buat yg belum nonton, Tony Scott menyelesaikan film ini dengan manis. Sementara naskah aslinya lebih tragis. Kalian bisa nonton alternate ending yang diinginkan Tarantino, di DVD-nya.

Singles (Cameron Crowe, 1992) – Kisah cinta dan harapan, berbungkus suasana scene Grunge Seattle pada awal 90-an. Penuh kameo Pearl Jam, Alice in Chains dan Soundgarden dan banyak lagi. Asyiklah.

Reality Bites (Ben Stiller, 1994) – Winona Ryder lulus kuliah, pilih idealisme atau realita; kenyataan yang menggigit. ada Ethan Hawke dan Janeane Garofalo juga, karya wajib untuk tahu tentang Generation-X.

O Brother Where Art Thou (Joel Coen, Ethan Coen, 2000) – “O Muse! Sing in me, and through me tell the story…” Seperti kisah perjalanan tiga napi kabur mencari harta karun, seperti kepulangan Odiseus di Amerika awal abad ke-20. Soundtracknya yang bernuansa bluegrass dan blues sangat enak dinikmat.

In The Mood For Love (Wong Kar-Wai, 2000) – Hanya Wong Kar-Wai yang bisa bikin cewek Hong-Kong bercheongsam modern bawa rantang isi mie rebus, kelihatan anggun mempesona mengerah gairah

Amélie- Le Fabuleux Destin d’Amélie Poulain (Jean-Pierre Jeunet, 2001) – Montmarte, Paris nan Romantis. Kehidupan tragis pun juga romantis. Soundtracknya karya Yann Tiersen, terlalu keren untuk dilewatkan

Hero (Zhang Yimou, 2002) – Wuxia yang enak dinikmati. Takjub punya bahwa pertikaian dan perkelahian itu indah, kita jadi tidak ingin pertarungan itu berakhir.

Ada Apa Dengan Cinta? (Rudy Soedjarwo, 2002) – Film cinta untuk orang Indonesia banget. Setelah masa Galih dan Ratna, lalu Lupus. Inilah idola remaja.

Big Fish (Tim Burton, 2003) – Ayahmu cerita tentang hidup di kota A lalu di negeri B. Kisah dan kenyataan, kamu pilih yang mana? Bisa nggak kita pilih dua-duanya?

Before Sunset (Richard Linklater, 2004) – Dua orang dewasa yang saling suka ngobrol ngalor ngidul di lorong-lorong Paris. Mengalir sekali, seperti mencari topik pembicaraan sama gebetan.

The Fall (Tarsem, 2006) – Seni sinema, penuh ketelitian. Epik Fantasi Eksotik.

Paris Je t’Aime (omnibus, 2006) – Jika Amélie adalah sisi romantis Paris, yang ini adalah sisi kenyataanya. Seenggak-enggaknya sangat mendekati

Ternyata, saya gemar film yang ada Maggie Cheung, Ethan Hawke, dan Nicholas Saputra loh cyn.
Honorable mentions;
Postcards from the Zoo (Edwin, 2012) – ragunan di negeri lain


3 Hari Untuk Selamanya (Riri Riza, 2007) – baks duls sants


Dead Poets Society (Peter Weir, 1989) – puisi!


300 (Zack Snyder, 2006) – Indahnya berperang

One thought on “lima belas film favorit

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s