pina (2011) – “dance, dance with pina, wim, and ditta; otherwise we are lost”

Pina (2011)
Sutradara: Wim Wenders
106 menit
Format DCP, 3D

Dance, dance, otherwise we are lost

Film. Film dokumenter. Film dokumenter dalam format tiga dimensi (3D). ‘Pina’ adalah sebuah film 3D yang dipersembahkan untuk Pina Bausch (1940-2009), koreografer kontemporer Jerman. Film ini disutradarai oleh Wim Wenders. Karya Wim sebelumnya antara lain, Wings of Desire (1987), Buena Vista Social (1999), dan The Million Dollar Hotel (2000)

Philippina “Pina” Bausch (27 Juli 1940 – 30 Juni 2009) adalah seorang penari modern, koreografer, guru tari dan balet berkebangsaan Jerman. Dengan gaya dan pilihan musik yang unik, ia menjadi koreografer yang berpengaruh sejak 1970-an dalam dunia modern dance.

Dalam film ini tampilan tari tidak hanya menampilkan dokumentasi tari seperti saat sebuah pertunjukan tari direkam oleh beberapa kamera dari beberapa sisi. Dalam film ini, sering kali kamera mengambil dalam jarak yang sangat dekat dengan objek. Saya merasa menonton film ini seperti menonton sebuah video klip dengan adegan tari indah yang sangat panjang.

Coba lihat video cuplikan filmnya:

‘Pina’ memasukan kesaksian banyak penari yang telah bekerjasama dengan Pina. Yang membuat film ini semakin unik adalah bahwa, wawancara-wawancara tersebut ditampilkan dengan gambar-gambar narasumber yang terdiam, dengan latar belakang suara wawancara dengan orang yang sama. Tampak wajah mereka yang sedang mengingat-ingat atau berkontemplasi. Dan membiarkan tarian mereka berbicara lebih banyak.

Para penari bergerak ke mana-mana, di panggung pertunjukan ‘konvensional, panggung penuh dengan tanah liat, panggung dengan kolam kecil, di luar gedung pertunjukan, di perempatan jalan, di dalam restoran, di tepi sungai kecil bahkan juga dalam trem yang sedang beroperasi. Membuat kota Wuppertal, tempat Pina berkarya dan mengajar tari, menjadi sebuah panggung tari yang sangat luas.

Film ini sukses meraih penghargaan film dokumenter terbaik dalam European Film Awards 2011, dan German Film Awards 2011; serta mendapatkan nominasi di berbagai ajang festival.

“Dance, dance, otherwise we are lost”

Pada tanggal 28 Juli 2012 besok, Ditta Miranda Jasjfi akan tampil di GoetheHaus Menteng, Jakarta Pusat. Ditta tergabung dalam kelompok Tanztheater Wuppertal pimpinan Pina Bausch semasa hidupnya, dan telah tercatat sebagai Penari Terbaik Pilihan Kritikus se-Eropa tahun 2004. Dalam malam yang sama Sebelum pertunjukan di tarinya di Jakarta ini, akan dilaksanakan pemutaran film tari “Cafe Müller” dan “Frühlingsopfer”, kemudian dilanjutkan dengan tanya jawab bersama Ditta Miranda Jasjfi dan Farida Oetojo. Jangan lewatkan pertunjukan ini!

Ditta Miranda Jasjfi- Sebuah Perjalanan Tari

28 Juli 2012, mulai 16:00 WIB
GoetheHaus- Jalan Sam Ratulangi No. 9-15 Menteng, Jakarta Pusat
Gratis | Reservasi Diwajibkan
+6221 23550208-147/157 tiket@jakarta.goethe.org

One thought on “pina (2011) – “dance, dance with pina, wim, and ditta; otherwise we are lost”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s