lewat djam malam (1954) – nonton 1954 di 2012

ldm-1a

Lewat Djam Malam (1954)

Sutradara: Usmar Ismail

Cerita: Asrul Sani

Produser: Usmar Ismail, Djamaluddin Malik

Pemeran: Dhalia, AN Aclaff, Netty Herawati, Bambang Hermanto

Berkat kicauan beberapa rekan di timeline saya dengan tanda pagar #LewatDjamMalam, berangkatlah saya dan @onengan ke bioskop untuk nonton film ‘Lewat Djam Malam’ produksi 1954. Di tahun 2012, adalah sebuah kesempatan yang langka untuk bisa nonton film kuna kayak begini. Berkat usaha semua pihak yang berjasa melakukan restorasi, film ini bisa dinikmati oleh kalangan yang luas dari hanya pengunjung perpustakaan film Sinematek, Pusat Perfilman Haji Usmar Ismail (PPHUI), Jakarta. Ya! Film ini adalah karya Usmar Ismail, tokoh penting film Indonesia.

‘Lewat Djam Malam’ telah sukses meraih beberapa penghargaan di Festival Film Indonesia (FFI) 1955.

Setelah selesai direstorasi, film ini telah diputar di Singapura dan Cannes, Prancis. Sekarang, saatnya publik di Jakarta dan Bandung. Untuk teman-teman yang berada di luar area kedua kota tersebut, coba rembukan dengn rekan-rekan dan cari info untuk memutarkan film ini di kota Anda.

Latar waktu ‘Lewat Djam Malam’ ; Indonesia saat film itu dibuat, yang adalah setelah Agresi Belanda, ‘Lewat Djam Malam’ diawali dengan adegan langkah kaki seseorang yang ternyata sedang dikejar satu regu tentara. Saat itu sudah lewat jam malam. Cerita film ini bergulir tentang kegamangan Iskandar yang baru saja muncul dari hutan menghadapi perubahan yang terjadi pada saat itu. Saat ketemu pacarnya, saat harus menjalani dunia kerja, juga saat menghadapi kenangan buruk di medan perang.

Selalu menarik melihat film tentang masa lalu. Baik film tentang masa lalu yang dibuat pada masa kini, apa lagi film dari masa silam yang bercerita tentang saat film itu dibuat. Lewat film ini, kita jadi dapat membayangkan suasana kota Bandung saat itu. Suasana warung nongkrong anak muda, sampai suasana pesta di rumah anak muda kelas menengah waktu itu. Lengkap dengan ornamen kertas hias dan dansa-dansinya. Kita bisa lihat potongan rambut dan tata busana muda dan mudi saat itu. Bagaimana Iskandar berangkat ke kantor dengan dasinya dan celananya nan ngatung.

Saat nonton film ini, jangan lupa perhatikan merk-merk dagang yang muncul dalam beberapa adegan. Yang saya tangkap antara lain tinta merk ‘Quink’, yang dulu selalu saya lihat di meja bapak, sekarang paling-paling dapat kita lihat di toko buku saja tanpa tahu siapa yang masih pakai itu tinta.

Semua tokoh menarik untuk diamati. Tapi, tokoh yang paling menarik dalam film ini adalah Laila (Dhalia), seorang perempuan yang ditinggal suaminya, kemudian menjadi pelacur. Tindak tanduknya yang mencoba mencuri perhatian Iskandar jangan sampai terlewatkan. Apalagi kebiasaannya yang menyimpan majalah amerika, Life. Dari majalah tersebut, ia pilih gambar-gambar bagus dari barang-barang yang ia inginkan, seperti gambar sepatu ataupun sendok. Gambar-gambar tersebut lalu ia potong dan tempel di kertas-kertasnya atau dinding bambu rumahnya. Gambar-gambar itu ia kumpulkan, katanya supaya gampang kasih tahunya kalau minta kepada lelaki. Yah seperti kiat-kiat dari buku The Secret dan tingkah laku ber-Pinterest saat ini.

Tanpa lebih banyak spoiler, tontonlah film ini. (nb: spoiler Bahasa Indonesianya apa sik?)

Film ini diputar di jaringan Cinema 21, Plaza Senayan (Jakarta) dan Ciwalk (Bandung). Sedangkan di Blitzmegaplex, bisa disaksikan di Grand Indonesia (Jakarta), Teras Kota (Tangerang), dan Paris van Java (Bandung).

3 thoughts on “lewat djam malam (1954) – nonton 1954 di 2012

  1. cerita yg ditulis Asrul Sani bagus banget. konflik batin tokoh Iskandar ini dalam dan penuh perenungan. sinematografinya udah kaya film2 modern. tokoh Laila-nya jg keren, perempuan di tahun segitu (apalagi dia janda dan dari desa di pelosok Jawa Barat) bacaannya sudah Life.
    bener2 film yang sangat direkomendasikan!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s