#365shots 360⁰

Mari kita ngobrol tentang #365shots ⁰

Kita sudah masuk di awal tahun 2011 ini. (Januari minggu kedua masih termauk awal kan?) Gue mencoba membuat sesuatu yang namanya #365shots. Yak, #365shots adalah sebuah usaha untuk membuat (minimal) satu foto setiap hari dan mengunggahnya ke situs pribadi, sepanjang tahun, sepanjang 365 hari. Kecuali tahun kabisat tentunya. Saya mencoba mengikuti apa yang telah dilakukan oleh @ariefr, @pitra, @alderina, dan masih banyak lagi yang lainnya. Pada awal 2010. Namanya blog kan ya untuk berbagi. Apa yang kita rasakan. Apa yang kita lihat. Waktu itu saya belom ikutan #365shots karena saya rasa kamera ponsel saya tidak memadai. Tahun ini, semoga niat saya untuk melakukan #365shots bermanfaat bagi umat dan alam beserta isinya. Tapi kalau ternyata dalam #365shots saya ada konten dewasa, jangan bilang-bilang tifi ya, pemirsa! #merapihkanrambut (Najwa Shihab style.)

Tahun 2010 yang lalu, set #365shots favorit saya adalah The Stormtroopers 365, kalau di Twitter, akunnya @stormtrooper365. Set tersebut dibuat oleh Mas Stefan dari negeri paman Zidane. Set ini berkisah tentang kehidupan sepasang prajurit Stormtrooper yang adalah bagian dari Hikayat Epik termashur, Star Wars. Kedua Stormtroopers tersebut mengabdi kepada Darth Vader. Mereka berdua ditugaskan untuk mencari Luke Skywalker dan dua robot pendampingnya, R2D2 dan 3CPO. Dan set tersebut adalah perjalanan mereka mencari Luke yang buron.

Cobalah tengok set tersebut, dan amati betapa set tersebut dirancang dengan baik, terencana dan detil. Orang yang sama sekarang sedang menjalani ‘52 weeks with the Fetts’ tentang Jango dan Boba Fett. Ia capek banget mengerjakan stormtroopers365 sepanjang 365 hari kayaknya.

Tahun 2010 sudah berlalu. Saatnya membuat #365shots sendiri.

Pada tanggal 4 Januari 2011, saya post foto pertama di YoshiFe.Tumblr.com, baru kemudian ke Flickr saya sebagai awal #365shots saya tahun 2011 ini. Semoga konsisten dan barokah. Sebenarnya susah-susah susah untuk memilih satu foto untuk mewakili kejadian hari itu. Sepertinya yang paling mungkin untuk foto-foto yang dibuang sayang itu akan masuk ke kompilasi #365shots b-sides, unreleased.

Sebagai foto perdananya adalah foto roti gambang. Roti enak yang belum pernah saya temui di mall/ taman/ townsquare/ walk/ plaza/ city/ park/ garden dan lain-lainnya what so ever. Saya beli roti gambang tersebut dari pedagang roti bersepeda Cap Lauw. Kemudian saya potong kecil-kecil untuk berbagi dengan rekan-rekan pekerja pabrik tempat saya bekerja.

Oh ya, kalo gambarnya gak keren, atau blur mungkin, harap maklum karena saya lebih suka blur daripada oasis. Foto tanggal 4-11 Januari saya foto dengan SonyEricsson Xperia X10 Mini Pro saya dengan aplikasi Android RetroCamera. Selanjutnya saya coba-coba pake Vignette yg lebih bisa ciamik.

Kalau mau liat-liat yang lainnya, para pemotret favorit saya lainnya antara lain adalah teman-teman yang mengirimkan fotonya lewat instagram di iphone /ipod mereka, seperti @qronoz, @natalixia, @prassprasetio @naldt dan @pepsigolda, sayangnya hanya bisa diakses lengkap di perangkat apel kroak. Ada juga teman saya, @rintul yang berbagi cerita 365 tentang anak laki-lakinya. Silahkan simak juga orang-orang gila yang curhat securhat-curhatnya lewat program 365 blogposts dalam setahun. Favorit saya adalah sinting bersaudara dari kampung muara enjoy, @ugambreng dan @renggototwitt; juga @arian14022; seorang penyair keki terjebak dalam macet neraka bernama cileduk.

Mari berbagi, bikin #365shots. Kalo yang pengen bikin tapi merasa sekarang udah telat karena udah pertengahan Januari, ya gak papa, gak mama. Tanggal itu Cuma angka-angka. Saya aja mulainya 4 Januari. Hayuukk.

One thought on “#365shots 360⁰

  1. Hahahaha… Saya dan Uga bukan dari perguruan sinting bersaudara dari kampung muara enjoy.. Kami dari perguruan Cikini waktu SD, SMP sih Uga tetap di Perguruan Cikini sementara saya di SMP 1

Tinggalkan Balasan

