the runaways (2009); lari bareng kristin stewart dan dakota fanning

Mari kabur bersama The Runaways; Joan Jett, Lita Ford, Cherrie Currie, Sandy West, dan Jackie Fox dalam hangatnya punk rock dan kerasnya masa remaja🙂 Selalu menarik nonton biopic rock, nonton sejarah rock dengan segala maju-mundurnya. Seperti yang sudah-sudah; nonton Val Kilmer sebagai Jim Morrison di The Doors (1991), Joaquin Phoenix sebagai Johnny Cash di film Walk the Line (2005) atau Sam Riley sebagai Ian Curtisnya Joy Division di Control (2007).

Biopik rock yang ini bercerita tentang The Runaways (1975-1979) grup rock cewek semua, dengan musik rock yang terpengaruh sekali oleh punk. Ini adalah grup musik cewek semua yang sepertinya tidak terlalu terkenal di sini, setidaknya jika dibandingkan grup-grup lain yang Anda tahu seperti T2 atau Mahadewi.

Sesungguhnya The Runaways cukup berjasa bagi dunia musik rock di Amerika dengan alumni-alumni seperti Joan Jett yang dikenal dengan “I love rock n’ roll” dan “I hate myself for loving you”, Lita Ford dengan duetnya bersama Ozzy Osbourne “close my eyes forever” dan juga kiprah Micki Steele yang turut membidani The Bangles yang “Eternal Flame” dan “Walk like an Egyptian”.

The Runaways film poster

Film ini adalah karya layar lebar besutan perdana Floria Sigismondi, yang sebelumnya dikenal sebagai sutradara video klip, misalnya karya-karya dari Marilyn Manson nan lumayan mengerikan. Pemeran Cherrie Currie dipercayakan kepada Dakota Fanning sementara Joan Jett kepada Kristen Stewart. Sementara itu, produser Kim Fowley diperankan oleh Michael Shannon. Mereka sebagai pemeran utama berakting cukup baik. Untungnya saya belom menonton serial Vampire, New Moon, Twilight dll yang juga diperankan oleh Stewart dan Fanning, sehingga saya tidak terkontaminasi saat menonton The Runaways. Sementara Shannon berperan baik sebagai produser yang bitchy dan geblek. Sepintas gayanya flamboyan mirip Ewan McGregor di Velvet Goldmine atau Malcom McDowell di Clockwork Orange.

Film ini cukup sakses menggambarkan sex, drugs, dan rock n’ roll meskipun di beberapa bagian terasa agak lompat-lompat secara urutan sejarah band, jadi membuat saya merasa, lho kok tiba-tiba udah begini atau begitu. Bahwa film ini menggambarkan persahabatan erat Jett dan Currie dengan segala kegelisahaan masa remaja, film ini enak ditonton.

Film ini diputar di Sundance 2010, tapi kok kayaknya gak di putar di bioskop-bioskop Indonesia? Apa boleh buat, beralih ke ITC Film Festival.

2 thoughts on “the runaways (2009); lari bareng kristin stewart dan dakota fanning

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s