the social network (2010); where fight club meets terrible lie

Facebook.

Siapa tak kenal dia? Facebook? Saya jadi ingat puisi “Ibu dan Facebook”. Facebook telah banyak jadi inspirasi film; di Indonesia saja sudah jadi Setan Facebook dan I Know What You Did on Facebook. Tak mau kalah dengan insan perfileman film Indonesia, sineas Amerika pun membuat film tentang Facebook. Saya sangat antusias menyambut film ini, bukan karena saya gemar dan memuja-muja Facebook tetapi karena film ini akan digarap oleh David Fincher dan musiknya oleh Nine Inch Nails. Dengan karya-karya David Fincher seperti Seven dan Fight Club juga karya-karya Reznor dan kawan-kawan NIN-nya seperti terrible lie, dan Happiness in Slavery, menimbulkan dugaan bahwa film ini akan gelap. Dan ternyata iya.

Yang menarik adalah bahwa film ini sering dibawakan dengan narasi orang pertama, Mark Zuckerberg yang dibawakan dengan gelap oleh Jesse Eisenberg yang berbicara dengan cepat, menggambarkan Mark yang berbicara dengan cepat, membuat saya terengah-engah menonton di bioskop. Bayangkan penonton film ini di rumah, melalui DVD bajakan dengan teks terjemahan Indonesia yang ‘belum bagus’ pasti ngos-ngosan. Trent Reznor dan Atticus Ross berhasil membawa nuansa gelap dengan musik mesinnya yang akan terdengar bagus di speaker yang bagus pula.

Melihat acting Jesse yang menggambarkan Mark dengan wajah merengut selalu, kita akan bertanya-tanya akan karakter Mark sebenarnya, karena kita sebelumnya lebih sering menemui foto Mark di Internet yang tersenyum seperti di Buku Tahunan (Facebook, dalam Bahasa Inggris).Jadi Mark itu suka tersenyum atau suka merengut? Coba saja lihat dua foto di bawah ini.

Yang mencuri perhatian adalah penampilan Armie Hammer sebagai si kembar Winklevoss yang ganteng dan perlente yang telah sukses membuat penonton perempuan senyum-senyum sendiri sambil ngarep. Keputusan Fincher untuk memakai pemain-pemain yang kurang terkenal, kecuali Justin Timberlake tentunya, membuat film ini dapat dinikmati tanpa terganggu kebintangan pemerannya.

Bagaimana filmnya sendiri, saya gak mau kasih spoiler ah. Silahkan berangkat ke situs resminya utk keterangan lebih lanjut. -> http://www.thesocialnetwork-movie.com/

3 thoughts on “the social network (2010); where fight club meets terrible lie

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s