311 in jakarta dan #311toindonesia in twitter

(Read the English version)

Bagi sebagian orang 311 hanyalah sebuah angka. Sebelum 310 dan setelah 312. Tapi bagi sebagian yang lain, 311 adalah sebuah semangat hidup dan persaudaraan. 311 adalah sebuah band of brothers yang bermusik dengan campuran rock, rap, funk, dan reggae. Mulai populer di kalangan penikmat rock dunia pada pertengahan era 90-an saat jagat sedang dikuasai oleh hip-metal dan post-grunge. 311 adalah all mixed up. Adalah come original. Adalah amber. 311 adalah beautiful disaster. Sampai dengan tahun 2010, 311 telah berdiri 22 tahun bersama-sama. Jika warga Indonesia menganggap 11 Maret adalah hari Supersemar, warga 311 mengganggap tanggal yang sama sebagai 311 Day. Suatu hari yang dipersembahkan 311 untuk penggemarnya.

Loco!

Saya senang musik rock. Namun saya tidak dapat menunjuk sebuah band yang benar-benar saya idolakan. Namun pada suatu malam saya mendapatkan sebuah mimpi di mana 311; Nick Hexum, S.A., Tim Mahoney, Chad Sexton, dan Pnut bermain di lapangan bola basket sekolah saya. Mereka bermain di lapangan, tanpa panggung dan di sekitarnya beberapa orang melakukan lay-out ke arah ring. Band ini meninggalkan kesan dalam alam bawah sadar saya.

Pada paro akhir 2009, Adrie Subono lewat Twitter mengungkapkan bahwa agen artis Amerika menawarkan 311 dan Jane’s Addiction untuk manggung di Indonesia. Saat itu, @AdrieSubono sudah sangat aktif berkomunikasi dengan publik penikmat musik lewat Twitter untuk cek ombak artis yang akan diundang ke Indonesia, dan animo lewat Twitter itu menjadi pedomannya dalam mengontrak artis. Karena lebih banyak publik yang mengharapkan 311 dibandingkan Jane’s Addiction untuk ke Indonesia. Nego punya nego, 311 dijadwalkan hadir di Jakarta 30 Maret 2010. #311toindonesia mendekati kenyataan.

Uncalm!


@NickHexum sebagai penyanyi utama @311 takjub atas usaha penggemar 311 di Indonesia untuk meyakinkan Adrie sebagai promotor untuk menghadirkan 311 di Jakarta. NixHex bahkan menyarankan penggemar 311 di Brazil untuk mengikuti langkah yang dilakukan di Indonesia.

Cukup menarik mengamati kiprah @NickHexum dan @Pnut dari @311. Mereka cukup aktif dalam berinteraksi dengan publik lewat Twitter. Saya cukup takjub juga waktu @Pnut membalas pertanyaan saya lewat Twitter mengenai harga kaos 311 yang mereka bawa ke show di Jakarta. Ya, anggota asli 311 yang hadir di Twitter saat ini baru Nick dan Pnut, selain tentunya akun Twitter resmi 311. Di Facebook, hanya Pnut alias Aaron Wills yang memiliki akun sebagai wakil 311, sisanya palsu.

Grassroots!

Para penggemar 311 sontak bersuka ria. Saya kemudian cari tahu lebih banyak lagi mengenai 311. Dan saya menjadi kenal rekan-rekan yang sangat sangat menggemari 311. Saya baru tahu bahwa, @gadisbekasi, teman lama yang adalah penyanyi Souljah sekaligus teman dalam belajar berpuisi; telah menjaga kontak dengan Raspler bersaudara yang adalah tim manajemen 311 sejak beberapa tahun silam. Saya jadi kenal @limasenar yang menemukan ‘311’ di NPWP-nya dan sering mendapatkan bon dengan angka ‘311’. Saya jadi kenal @mcgr7 yang punya hobi counting down to the day dan ketika ketemu 311 malah terdiam mengamati tanpa histeria. Saya jadi kenal @bun9jams yang aktif mengadakan 311 Day di Indonesia. Saya jadi kenal @adiaprabowo penggila 311 yang tinggal di Surakarta. Saya jadi kenal @reza_tarigan yang sangat beruntung bisa jadi liasion officer untuk 311 selama kunjungan mereka di Jakarta. Jadi kenal @guslifter311 yang terbang dari Amerika ke Indonesia khusus untuk nonton aksi 311 di Jakarta (not yet met in person, but we will do soon right bro?). Nice to meet you, guys!

Sehari sebelum 311 manggung, saya mendapatkan informasi dari @gadisbekasi dan @reza_tarigan bahwa ada anggota 311 yang sedang berjalan-jalan di Mal Ambasador. Saya, @limasenar dan @bun9jams langsung bergegas. Di Mal tersebut kami berputar-putar seperti tanpa tujuan. Pada sebuah toko aksesoris iPod, tampak beberapa orang asing. Dan di muka kasir tampak wajah yang kami kenal, S.A. Martinez. Kesempatan itu tidak kami sia-siakan untuk meminta tanda tangan dan foto bersama. Pastinya. Indon gitu.

Don’t Stay Home This Time!

Hari pertunjukan 311 di Jakarta telah tiba. Kami bersuka ria. Penggemar 311 telah berkumpul bersama, di antara penggemar lagu Amber, penggemar lagu Love Song versi 311, juga rekan-rekan lainnya yang kebetulan mendapat tiket gratis menonton pertunjukkan ini.

Dan pesta rock funk hip-hop reggae malam itu dibuka dengan Beautiful Disaster. NixHex meliuk-liuk dengan gaya flamboyan. S.A. enerjik joget-joget kesana kemari. Tim konsen dengan gitarnya di pojok. Pnut lompat-lompatan dengan badan jangkungnya. Chad tentu saja anteng di balik set. Lagu demi lagu mengalun keras disertai oleh paduan suara raksasa sekitar empat ribu orang di Senayan. Dari Beautiful Disaster, Love Song, Homebrew Creatures, Come Original sampai Down mengalun.  Bahkan khusus untuk publik 311 di Jakarta, mereka mau memainkan Love Song dan Amber, biasanya mereka cuman bawain satu diantara dua itu dalam satu malam. Tak terasa sudah dua puluhan lagu lebih dan malam harus berakhir. 311 harus melanjutkan perjalanannya ke Jepang. Dan banyak dari penonton 311 malam itu masih tidak percaya bahwa mereka lima koboy Omaha telah tampil dengan ramuan mereka di Jakarta. Seperti tak rela bangun dari mimpi indah yang membahagiakan. Saya sendiri merasa sangat bahagia meskipun don’t stay home tidak dimainkan. Tapi wajarlah, karena pasti 311 sulit memilih 20 lagu dari sekitar 140-an lagu yang kuat semua dari sepanjang karirnya.

Indeed, a Beautiful Disaster

Tracklist 311 di Jakarta (from Setlist.fm)

1. Beautiful Disaster
2. Sick Tight
3. All Mixed Up
4. From Chaos
5. India Ink
6. Taiyed
7. You Wouldn’t Believe
8. Beyond The Gray Sky
9. Hey You
10. Applied Science
11. (Drum Solo)
12. Don’t Tread On Me
13. Mix It Up
14. Nix Hex
15. Love Song (The Cure cover)
16. Come Original
17. (Bass Solo)
18. Nutsymptom
19. Amber
20. Jackpot
21. Creatures

Encore:
22. Feels So Good
23. Livin’ & Rockin’
24. Down

Situs resmi 311

Foto diambil dari koleksi Satria Ramadhan

5 thoughts on “311 in jakarta dan #311toindonesia in twitter

      1. hehehe sundul dah gan😀
        baca ini jd inget disuruh bikin karangan ama guru, abis liburan ke kampung :p

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s