ambruknya papan reklame makro ciputat, je suis tout petit

Pada sore hari Minggu, 28 Februari 2010 angin hujan bertiup cukup kencang.

Pohon pohon bertumbangan di sana-sini.  Jika Anda berada di daerah tersebut saat itu, Anda akan setuju kalau Deddy Mizwar berkata bahwa Kiamat Sudah Dekat. Anda akan kembali ingat kilasan film-film bertema bencana buatan Amerika, misalnya 2012 yang menghebohkan dunia akhirat itu. Apalagi jika Anda rajin membaca berita, banyak sekali kita menerima berita bencana alam. Longsor di Ciwidey. Gempa bumi 8,8 skala Richter di Chile. Lalu, nasib kita bagaimana?

Pada sore hari Minggu, 28 Februari 2010 angin hujan bertiup cukup kencang.

Sore itu macet sekali di kawasan Ciputat, Tangerang Selatan, Banten. Angin hujan bertiup cukup kencang dan ternyata hujan sore-sore (terdengar romantis bukan?) ditimpali oleh angin ribut-ribut (terdengar mengerikan bukan?) telah menyebabkan pohon-pohon rubuh, daun, ranting, dahan, dan pohonnya sekalian. Juga telah menyebabkan tiang-tiang listrik berjuntaian; kendaraan bermotor harus berhati-hati karena kabel-kabel listrik yang biasanya tergantung tinggi disangga tiang-tiang besi terlepas dan terjuntai rendah, seperti mengharuskan yang lewat untuk menari limbo.

Angin hujan bertiup cukup kencang dan menjatuhkan dua papan reklame raksasa yang biasanya merebut perhatian kita secara paksa karena ukuran huruf-huruf raksasa yang menghalangi pandangan kita ke ruang angkasa.

Yang satu adalah papan reklame atau billboard atau tiang iklan atau apalah namanya daripada pasar perkulakan atau hypermarket Makro di Ciputat yang seingat saya sudah berdiri sejak Makro dibangun di lokasi tersebut. Kalau tidak salah sekitar 1993 atau 1994 saya tidak ingat persis. Tapi saya ingat bahwa Makro Ciputat menjadi saksi bisu yang menjerit saat kerusuhan Mei 2008, menjelang keruntuhan Soeharto. Menara reklame berusia belasan tahun tersebut akhirnya harus rubuh karena tiupan angin. Menara reklame tersebut terpaksa menimpa beberapa mobil-mobil di bawahnya, tanpa penumpangnya sempat berdoa.

Di Twitter banyak juga foto2 yang diambil khalayak umum misalnya Makro ooh makro.. hasil jepretan @yanitaadrina, Akibat badai yg melanda hasil jepretan @wishnuinyu, Ini fotonya Billboard makro ciputat rubuh hasil jepretan @ibunida, dan masih ada beberapa foto lainnya.

Yang satu lagi adalah papan reklame BNI yang berdiri tegak (sebelum ditiup angin tentunya) beberapa puluh meter saja dari lokasi papan reklame Makro. Papan BNI yang satu ini berdiri di tengah semen tipis pembatas jalan dua arah. Papan reklame tersebut diletakkan di tengah jalan tentu saja untuk merampas perhatian khalayak umum yang melintas di jalan tersebut. Dapat dibayangkan, peletakan papan reklame di tengah jalan tersebut tentu saja mengabaikan keamanan para pengguna jalan.

Di sepanjang Ciputat Raya dari arah Lebak Bulus sampai Pasar Ciputat banyak sekali papan reklame berukuran raksasa, yang jika runtuh dapat menimpa empat mobil sekaligus. Yah, sepertinya keselamatan para pengguna jalan diabaikan oleh pembuat kebijakan, pemegang hak pemasangan iklan luar ruang dan pemasang iklan.

Kapan papan reklame jatuh tertiup Angin Bohorok, itu terserah kepada yang memiliki Angin Bohorok. Kapan rumah tertimpa pohon karena tertiup El Nino, itu terserah kepada yang memiliki El Nino.

Kejadian ini mengingatkan saya kepada sebuah judul film yang telah saya tonton. Film yang dibintangi oleh Audrey Tautou, yaitu God is Great, I’m Not / Dieu est Grand, Je Suis Toute Petite (2001).

Pernahkah Anda merasa was-was melintas di bawah papan reklame di perjalanan?

6 thoughts on “ambruknya papan reklame makro ciputat, je suis tout petit

  1. Kalo bisa ditambahin info sekilas soal data korban, soalnya besok tuh masa perkuliahan awal anak2 UIN ciputat, so sangat mungkin banyak anak mahasiswa yg ada /masih di perjalanan?!! gawat kan???

    1. kalo menurut detikom sih korban mobil Alphard, bus Koantas Bima, Mikrolet, sebuah sedan Corolla dan dua motor. dan empat orang luka berat akibat insiden ini. Yang lebih jelas sekarang pengguna jalan semakin was-was.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s