beberapa kesamaan antara everything but the girl, the ting tings, dan angels and airwaves

Sayapun baru menyadari beberapa saat yang lalu, bahwa ada beberapa kesamaan antara Everything But The Girl (EBTG), The Ting Tings (Ting-tings), dan Angels and Airwaves (AVA). Mari kita cermati bersama.

Kesamaan pertama:

Ketiga-tiganya telah memiliki situs resmi, EBTG di sini, Ting-tings di sini, dan AVA di sini. Ketiga-tiganya juga telah hadir di Myspace, Facebook, dan Wikipedia. Tentu saja! Namanya juga grup musik mancanegara. Lain halnya dengan nasib grup musik di Indonesia, untuk dapat hadir di Wikipedia saja susahnya minta ampun. Atau mungkin cara ber-Wiki-ria di Indonesia saja yang belum dapat dipahami atau dimasyarakatkan dengan baik? Walahualam.

Kesamaan kedua

Ketiga-tiganya adalah grup musik dengan masing-masing dua anggota. EBTG memiliki dua anggota, Ben dan Tracy; Ting-tings punya dua anggota, Katie dan Jules; dan AVA pun memiliki dua (pasang) anggota, yaitu Tom/David dan Matt/Atom.

Kesamaan ketiga

Ketiga-tiganya adalah grup musik yang telah menelurkan album berbahasa Inggris.

Kesamaan keempat

Ketiga-tiganya memiliki album rekaman yang saya terus dengarkan sepanjang bulan September-Oktober 2008. Fakta-fakta yang penting bukan? =)

Everything But the Girl – Acoustic (1992)

Album ini sangat nikmat disimak sambil bersantai maupun sambil bekerja. Lagu-lagu di album ini digarap “akustik” ala tahun 90-an. Yang bisa dibilang sebagai akustik di sini adalah absennya alat-alat musik yang distortif dan minimnya kehadiran alat-alat perkusif. Kayaknya lebih cocok disebut sebagai minimalis. Rasa-rasanya saya lebih suka EBTG di masa mereka masih akrab dengan pop berbumbu jazz. Masa sebelum mereka sibuk dengan peralatan elektronik yang menghasilkan Missing (like the desert miss the rain). Lagu enak di album ini yang saya sarankan untuk Anda dengar adalah ‘Time after time’. (carilah gambar spiker di dekat judul lagu)

The Ting Tings – We Started Nothing (2008)

Ini adalah duet yang relatif anyar. Mereka menghajar pendengar berdua saja, dengan seperangkat drum, gitar listrik, ditambah dengan sampling. Sang biduanita bernyanyi dengan semangat Grrrllllll Rrriootttt tapi tak sampai memekakkan telinga. Seperti versi lebih popular dari Yeah yeah yeahs, atau Le Tigre. Seperti lagu-lagu simpel yang masuk ke telinga dan enggan keluar dari kepala. Karya mereka sangat cocok untuk didengarkan dengan wokmen, aypot atau empetiga playaz sambil jalan-jalan pagi. Lagu enak di album ini yang saya sarankan untuk Anda dengar adalah ‘Shut up and let me go’. (carilah gambar spiker di dekat judul lagu)

 

Angels and Airwaves – I Empire (2007)

Sungguh sebuah album dengan judul yang sangat aneh. Entah apa hubungannya dengan produk-produk Apel (Malang). Entah mengapa pula mereka menyingkat Angels and Airwaves menjadi AVA. Yah, harus diakui bahwa AVA memang terdengar lebih keren dibandingkan A&A, yang seperti merek soda. Apapun namanya, saya sangat gemar grup musik ini. AVA memang seperti hasil tesis dari gebukan Blink-182, sapuan nada lamunan The Cure, dan colongan gema-gema U2. Konon kabarnya mereka akan main ke Jakarta bulan Desember 2008 … saya sangat menantikannya. Lagu enak di album ini yang saya sarankan untuk Anda dengar adalah ‘Breathe’. (carilah gambar spiker di dekat judul lagu)

22 thoughts on “beberapa kesamaan antara everything but the girl, the ting tings, dan angels and airwaves

  1. Kesamaannya bikin komentar, “It’s so obvious!” XDSayangnya gue dah stop mendengarkan mereka sejak debut album mereka. Udah ga terlalu berminat lagi ^^;;;

  2. arashi82 said: Kesamaannya bikin komentar, “It’s so obvious!” XDSayangnya gue dah stop mendengarkan mereka sejak debut album mereka. Udah ga terlalu berminat lagi ^^;;;

    debutnya sapa nih…

  3. dua pasang itu maksudnya adalah ada dua sepasang, sepasang artinya ada dua isinya, berarti kalau dua pasang berarti ada empat buah. kalau masing-masing pria memiliki dua buah berarti hasil totalnya ada delapan buah. demikianlah penjelasannya. harap maklum.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s