menjenguk kembali; ya_bisa_aja_lah!


alkisah, gue kenalan sama anak buma lainnya waktu diajakin buncil ikutan poetryattack di prambors, namanya indah survyana. dia bilang dia punya blog di blogspot. pas brosing dia punya blogspot, gue jadi inget bahwa gue pernah punya halaman blogspot yang namanya ya_bisa_aja_lah yang menemani gue periode pertengahan 2004 sampai 2005. dan waduh, udah sangat berubah banget, karena saya juga lupa nama pengguna dan kata kuncinya, gimana mo apdet lebih lanjut? anjingkonci!

namanya juga manusia, ya_bisa_aja_lah! lupa. tapi jangan keterusan pake jargon “i’m only human, born to make mistakes.” dari human league, jangan-jangan bikin salah sedikit udah langsung punya preteks seperti itu, gak maju-maju. pengennya jadi orang yang panjang ingatan, maka dari itu sering-seringlah isi TTS.

yah, beginilah kira2 salah satu postingan pertama gue, tentang salah satu album musik kesayangan gue.

2004/07/31
like her

these days, mandalay yang album ‘instinct’ jadi seperti musik pengiring hari2, pengusir kebosanan.

bayangin aja pagi2 kita sudah di bus patas ac yang penuh dengan mas2 yang semuanya berpakaian kurang lebih sama, dan mbak2 pekerja yang di antara barisannya yang rapat memenuhi lorong bis, terselip satu dua bidadari. instinct jadi sontrek yang pas banget.

yang memperkenalkan gue dengan mandalay ini pertama kali adalah manuel chica dibilenza alfredo esperanchia utamanolo guiterrez iha. teng kiu pren! dia adalah seorang fotografer handal bertubuh gempal dengan wajah yang imut, dan berhati pendeta.

suatu malam, gue ikut dia waktu njemput pacarnya di deket kebon jeruk. dipasanglah itu lagu2 mp3 dari i-pod miliknya (yang 2 giga aja sekarang harganya 3 juta, loh! kapan gue bisa punya, yah?) nah waktu brosing2 lagu itu, dia tawarin itu mandalay, yang … shitty hell! emang kereeenn. meskipun pertamanya gue apriori2 gitu; ah, mirip cocteau, mirip portishead, mirip ini, mirip itu. atau apalah. tapi ternyata setelah disimak perlahan2 bikin nagih berat. padahal tampang mereka. katanya, sih, berdua, sampai sekarang gue nggak tahu, tapi kayaknya emang nggak penting jumlah itu, yang penting karyanya. ciee … karya.

formula pop yang mereka usung emang pas banget buat gue, dengan kadar suara2 sintetik yang bikin nuansa ruang dengan layer2 berlapis. asli, bisa bikin orang patah hati jadi niat bunuh diri, orang niat bunuh diri jadi patah hati. pelan2, haluss, melodi yang lambat2 … gokilll, galau abisssss!!

‘like her’ kayak jadi oase yang bisa ngangkat gue ke udara pelan2 di tengah kepenatan dunia, yang memberikan tenaga chi dan angin segar ke dalam pembuluh darah. ini jadi lagu favorit gue sejak dua bulan yang lalu. buat informasi aja, nggak ada lagu yang bisa lama ngendon di otak gue lama2. paling2 dua tahun lalu, ‘all the small things’ atau ‘truly madly deeply’ yang catchy banget. maklum kuping pop melayu dark melankoli ceria cinta. lagu2 laennya mandalay sih keren juga, tapi nggak ada yang se-ngedong ‘like her’, yang sejujurnya, gua nggak tahu jelas apa maksud liriknya, karena ambient vokalnya dimaenin.

alert! tapi jangan dengerin versi kaset produksi yang dalam negeri sampai habis. ini nggak spoil lho! bonus remixnya nggak banget, ngerusak mood ajah. inilah saatnya anda pencet tombol ‘fast-forward’, di walkman. kalo di cd player yah tinggal pencet ‘next’ atau ‘repeat’

mereka berdua itu, yaa … ck ck ck, pas bikin aransemen mikirin apa, yah?

posted by ya bisa lah! at 07:25 | 0 comments

…nyambung dengan tulisan itu, setahunan lalu gue jalan2 di pusat perbelanjaan elit, ekonomi sulit ‘jilid dua’ di kawasan jakarta selatan. di salah satu gerai musik di lantai teratas, ada tuh cd mandalay-instinct. karena sangking kepengennya dengerin, dan waktu itu juga belum tahu cara mencari dan mengunduh tembang2 mp3 secara efektif dan efisien, gue tebus cd itu dengan 180.000 IDR.

nah kalo mau donlod album itu bisa-bisa saja. hubungi don johnson ato don kingkong.

7 thoughts on “menjenguk kembali; ya_bisa_aja_lah!

  1. truelovewontwait said: gw suka kebalik Mandalay ama Mantaray… Mantaray juga Tamiya kan. sempat punya dulu Black Mantaray ama Avante 2001 Jr.

    jadi inget, di gatsu jakarta ada satria mandalay.

Tinggalkan Balasan

