hujan deras sekali

hujan. hujan geda …

sebelum hujan, selalu ada mendung. apakah selalu? tidak juga, yang selalu adalah, gravitasi bumi, dan matahari terbit di timur dan tenggelam di barat. tapi memang lebih sering sebelum hujan ada mendung, jadi ingin ke bandung.

kenapa sekarang musim hujan? karena sekarang banyak hujan.
kadang-kadang hujan besar, kadang-kadang hujan kecil. untungnya selalu hujan air. entah bagaimana rasanya kalau hujan batu, mungkin lebih enak hujan pujian. hujan asam? yah beberapa orang akan bermuka masam ketika hujan.

sampai saat ini. hujan, dinanti-nanti para penggemar tanaman, seperti para pensiunan yang gemar berkebun. tetapi hujan dibenci para pedagang asongan karena mereka jadi tidak dapat mencari uang, kegiatan luar ruang yang mereka lakukan.

ada dua lagu yang gw selalu inget waktu hujan..

hujan oleh koil
lagu ini lumayan medium kadar kekerasannya dibandingkan hasil karya mereka yang lain. lucu aja, kalau membayangkan pesan-pesan cerita mereka di album kedua dan ketiga mereka membongkar-bongkar keadaan stagnan, kibarkan nihilisme dan anarki, secara megah nan rumit; di lagu ini yang resminya termuat di album pertama ini mereka bercerita tentang sebuah penantian, yang pribadi dan sederhana. mungkin di saat lagu itu direkam mereka belum mengubek-ubek kembali koleksi kaset depeche mode mereka atau melihat penampilan sirkus gelap dan mendengarkan musik cadas nan dansa dari white zombie. bagaimanapun, saya menggemari lagu ini.

begitu derasnya hujan ini mulai terangkai angan
menyusun beling-beling kenangan

hujan oleh vessel
grup musik ini nampaknya telah tiada, setidaknya itu yang saya tahu. anggota mereka sekarang mungkin telah tersebar di antara grup musik post-rock, grup musik metal masa kini dan dokumen kantor korporat. lagu ini lumayan gelap, bagaikan berteduh di tengah hujan di bawah tenda warung kopi yang tak berpetromax. suara laki-laki penyanyinya mengalun ditingkahi suara biduwanita bersuara serak seakan hendak menerkam jalang. kalau lagu pertama oleh koil lebih pas dinikmati dengan teh hangat sedikit gula, yang satu ini lebih pas dinikmati dengan kopi hitam tanpa gula plus nikmati ampasnya.

biar hujan ini buyarkan anganku tentangmu…

12 thoughts on “hujan deras sekali

  1. sayayoshi said: ada dua lagu yang gw selalu inget waktu hujan..

    yang selalu gue ingat sih tetep, november rain dari dulu jaman masih pake celana sobek2… kekekkeke

  2. gharonk said: yang selalu gue ingat sih tetep, november rain dari dulu jaman masih pake celana sobek2… kekekkeke

    itu kalo gw merasa rain, .. guns n’ roses dan jason donovan … iya kan pak? lebih ke jason daripada axl? huahuahauhau

  3. dhanidong said: aku mendadahimu abis nonton megadet…waa..yoshi bersama gerumbulan laki2 semuaaa

    keliatan yah… di gerombolan laki2 itu gw paling ganteng yah kan..

  4. Setelah lo menunjukkan ini ke gw, guess what? malemnya gw liat video klip travis yang lagunya ini…”why is it always rain on me”…hehehehe……jadi pengen lari2an di padang rumput sambil mandi ujan🙂

  5. whalerider said: Setelah lo menunjukkan ini ke gw, guess what? malemnya gw liat video klip travis yang lagunya ini…”why is it always rain on me”…hehehehe……jadi pengen lari2an di padang rumput sambil mandi ujan🙂

    … is it because you lied when you were seventeen? =)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s