Skip navigation

Kemarin sore saya mendapatkan beberapa pesan dalam telepon genggam dari beberapa teman saya. Ternyata isinya senada; isinya mengingatkan bahwa hari Kamis ini akan ada pertandingan antara Persija Jakarta melawan Persib Bandung. Bahwa pertandingan tersebut akan berlangsung di Senayan dan selalu ada kemungkinan ricuh dari segi bentrokan antar pendukung.

Begini naskahnya;

PRECAUTION NEWS !!! :
Please be advised that tomorrow:
25 March 2010,
15.30 – 18.00 hrs
there will be a big football match between PERSIJA Jakarta VS PERSIB Bandung at Gelora Bung Karno Stadium Senayan Jakarta.

Both Persija & Persib have fanatic supporters; Persija’s Jakmania, and Persib’s Vikings. At the occasion the supporters will come in a group of busses and motorcycles to the station and it will create security and safety vulnerability during the period.

Please avoid Senayan and its surrounding area:
• Asia Afrika street
• Sudirman street across Senayan stadium complex
• Gatot subroto street across Senayan stadium complex
• Artery Senayan street
Particularly during:
• 14.00 – 15.30 hrs (Supporters arriving to the stadium)
• 18.00 – 19.00 hrs (Supporters leaving the stadium)

In the occasion that you are trapped on the street among the supporters group:
• Calm and do not over react to their act, be neutral!
• Allow their bus/car/motorcycle to go ahead, do not ever try to attract their attention by competing for a space on the street.
• Do not wear Orange or Blue clothing during the period.

Be Safe ;) .. Hv a great day..
Thank you & Best regards.

Entah siapa yang pertama kali menulis peringatan dalam Bahasa Inggris itu untuk pengguna jalan raya di kawasan Jakarta agar mewaspadai situasi sekitar pertandingan tersebut.

Saya jadi ingat bahwa di kota ini, tanpa membaca koran pun, kita akan jadi tahu bahwa di sore yang bersangkutan Persija akan bertanding. Hanya dengan melihat di jalan ada kendaraan umum (entah angkot entah bis seukuran metromini) yang atapnya dipenuhi anak-anak tanggung dengan kaos dan atribut oranye. Lengkap dengan gendang bertalu-talu. Bersorak-sorak fals tanpa nada.

Saya jadi ingat bahwa di negeri ini pertandingan sepak bola antar kota sudah disamakan dengan rusuh yang mungkin terjadi hari itu. Bahwa sore hari setelah pertandingan sepakbola antara Persija dan lawannya (siapapun itu) menjadi momok pengguna jalan raya. Yang ditakuti adalah kerusuhan dan macet total tal. Suasana di sekitar Stadion Lebak Bulus maupun Stadion Utama Senayan Jakarta sontak menjadi macet terkunci setiap setelah bubaran bola. Hasil pertandingan? Tak penting, yang penting tidak rusuh.

Saya jadi ingat sebuah film yang saya tonton tahun lalu. Film Romeo dan Juliet (2009) karya Andibachtiar Yusuf.Tentu saja bukan yang dibintangi oleh Leonardo De Capricorn dan Clear Danish. Sebelum masa pemutarannya, saya tertarik dengan poster film tersebut. Dan saya berpikir, “kayaknya film ini oke!” Setelah mengajak beberapa rekan untuk menonton film tersebut dan ternyata tidak ada yang tertarik, pada suatu sore saya berangkat sendirian ke bioskop. Saya menonton di tengah pasangan-pasangan yang memadu kasih di gedung bioskop ditemani minuman bersoda dan jagung berondong.

Film yang diperankan oleh Sissy Pricillia dan Edo Borne ini memang ternyata adalah film yang menarik. Secara nekat, Andibachtiar Yusuf sebagai sutradara menggabungkan antara fanatisme penggemar sepak bola Persija Jakarta dan Persib Bandung; dan kisah cinta seorang pemuda dan seorang pemudi. Sang pemuda digambarkan sebagai Jakmania dan sang pemudi digambarkan sebagai Viking. Dan Jakmania seperti menjadi wakil Montague, keluarga besar Romeo dan Viking menjadi wakil Capulet, keluarga besar Juliet. (Hmmm, nama Juliet Capulet memang terdengar Sunda tea, seperti nama Yati Nurhayati, bukan? Hehe 20x). Pasti ada sesuatu tentang film ini yang bikin sutradaranya sempat kena bogem dari The Viking, kan? Silahkan cari film Romeo dan Juliet di kios-kios DVD resmi (bukan bajakan).

Berita tentang film ini.

Situs resmi Romeo dan Juliet (2009)

Blog Andibachtiar Yusuf

Situs Viking Persib

Situs Jakmania Persija

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: